Wednesday, October 26, 2016

Bolu Pisang Ketan Hitam (No Mixer No Oven)

Bolu Pisang Ketan Hitam (No Mixer No Oven)

Nggak sengaja menghapus foto di handphone sementara tidak ada backupnya di laptop itu rasanya nyesek yaaaa. Hari Minggu lalu sebelum saya pergi ke acara Talkshow ASI yang diselenggarakan oleh AIMI Lampung pagi harinya saya sempatkan untuk bikin camilan dulu. Setelah camilannya jadi as usual jeprat-jepret untuk keperluan dokumentasi dan untuk diupload di blog. Saya memang sengaja membuat blog khusus resep-resep yang pernah dicoba supaya di kemudian hari mudah mencari resepnya kalau ingin membuatnya lagi. Saya kurang betah si nyatat resep di buku he he. 

Sayangnya sebagian besar foto yang saya ambil hari itu tidak sengaja terhapus. Termasuk foto camilan dan foto liputan acara talkshow tersebut hu hu. Untunglah masih ada sisa foto di handphone jadi saya sedikit terhibur deh. Soalnya sudah saya coba pulihkan datanya dengan menggunakan beberapa aplikasi tapi tidak berhasil. Yah relakan saja deh, yang penting masih ada foto tersisa untuk membuat postingan ini he he.


Bahan Kering:

1. 250 gram tepung ketan hitam.
2. 3 sdm cokelat bubuk.
3. 1/2 sdt BP.
4. 1/2 sdt soda kue.
5. 1/2 sdt garam halus.
6. 1/2 sdt vanili.
7. 150 gram gula pasir.

Baca: Resep Kwetiaw Goreng Spesial.

Bahan Basah:

1. 2 butir telur.
2. 2 buah pisang Ambon.
3. 120 gram margarin, lelehkan.

Baca: Resep Tempe Krispi.


Cara Membuat:

1. Campur bahan 1-6 hingga rata, ayak. Campur dengan gula pasir, aduk rata, sisihkan.
2. Campur semua bahan basah.
3. Masukkan campuran bahan basah ke campuran bahan kering, aduk rata secukupnya.
4. Panaskan kukusan, oles cetakan plastik dengan minyak goreng.
5. Masukkan adonan ke cetakan kira-kira 3/4 penuh (1/2 penuh juga boleh).
6. Kukus adonan selama 20 menit dengan api kecil.

Baca: Resep Tumis Kembang Kol.

Cara membuatnya nggak susah yaaa. Cukup dicampur dan aduk-aduk saja lalu dikukus. No mixer or oven needed. Dari resep ini saya dapatkan 8 buah Bolu Pisang Ketan Hitam (No Mixer No Oven) dengan bentuk mawar dan 10 buah bolu dengan bentuk mangkuk. Memang sengaja saya gunakan dua jenis cetakan. Gunakan kuas untuk mengoles cetakannya dengan minyak goreng. Saat mencucipun begitu. Cetakan mawar memang lebih susah dibersihkan ya. Jadi saat mencuci selain menggunakan spons, gunakan juga kuas bersabun untuk membersihkan sela-sela cetakannya. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment