Monday, September 5, 2016

Tumis Bok Choy dan Tomat Merah

Tumis Bok Choy dan Tomat Merah

Alhamdulillah sudah postingan ketiga di blog yang baru ini. Sebenarnya sudah lama kangen mau menulis di blog masak-memasak lagi. Dulu pernah punya blog serupa di www.clumsyliciouskitchen.wordpress.com tapi sudah lama tidak diupdate. Karena dua blog lainnya saya buat di blogspot akhirnya blog cerita masak sehari-hari ini saya buat di blogspot juga. Supaya ngeblognya lebih semangat sekalian deh beli juga domainnya dan jadilah www.dapurimut.com ini. Kenapa sih diubah namanya pakai dapur imut? Ya karena saya pernah punya dapur yang imut-imut saat mengontrak di Manado dulu. Dapurnya Eyang sih lumayan lega. Tapi insyaa Allah dalam waktu dekat bakal pindah lagi ke dapur yang ukurannya imut-imut he he. 



Menu ketiga ini saya buat selain untuk makan siang di rumah juga untuk bekal makan siang suami. Nggak lengkap dong kalau nggak ada sayurannya. Ya walau ntah ini nyambung atau nggak sama lauknya yaitu Telur Bumbu Rujak hi hi. Saya mah kalau masak tu masak aja. Belum sampai mikirin dengan lebih detil menu ini bakal cocok dengan yang itu atau nggak. Bedalah sama ibu-ibu yang masak di rumah saat saya wisuda dan menikah dulu. "Kalau lauk ini cocoknya sama sayur itu, Hen." Ya iyalah secara memang sudah berpengalaman he he.

Baca: Resep Telur Bumbu Rujak.

Kembali ke resepnya. Saya suka kalau tukang sayur bawa bok choy. Selain warnanya yang hijau segar, memasaknya juga nggak butuh waktu lama. Cocok buat masak di pagi hari yang hectic. Supaya lebih meriah saya tambahkan tomat merah potong.


Bahan:

1. 6 ikat bok choy, potong-potong.
2. 2 buah tomat merah, masing-masing potong jadi 4 bagian.
3. 3 siung bawang merah, diiris.
4. 3 siung bawang putih, diiris.
5. 1/2 sdt garam halus.
6. 1/2 sdt merica bubuk.
7. 1/2 sdt gula pasir.
8. 1/2 sdt saus tiram.
9. 50 ml air.
10. Minyak untuk menumis.

Bok choy berasal dari Tiongkok kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Cara membuat:

1. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan bok choy.
3. Tambahkan garam halus, merica bubuk, gula pasir, dan saus tiram, aduk rata.
4. Tambahkan air, masak hingga bok choy menjadi setengah matang.
5. Masukkan potongan tomat.
6. Masak hingga bok choy dan tomat matang tapi jangan sampai layu.


Baca: Resep Sempol Ayam Wortel Saus Nanas.

Simpel kan bahan dan cara membuatnya. Biasanya kelar makan siang Tumis Bok Choy dan Tomat Merah ini sudah ludes he he. Daripada membuat sekaligus banyak (misalnya sampai untuk makan malam) lebih baik sorenya masak lagi deh. Kalau sudah dihangatkan biasanya bok choy sudah terlalu layu dan warnanya nggak cantik and nggak seger lagi. Toh memasaknya juga nggak butuh waktu lama. Selain ditumis bok choy juga enak untuk campuran mie goreng atau mie rebus. Mau direbus sebentar lalu disiram bumbu pecel juga enak. Biar nggak capek ngulek jangan lupa buat stok Bumbu Pecel Siap Pakai ya.

8 comments:

  1. Replies
    1. Ada yang nyebut pok choy juga he he, saya ngikutin di Wikipedia nih, bok choy he he

      Delete
  2. ga tau bokchoi sejenis sayuran apa sih

    mba?

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mba Henii... resep-resepnya menggiurkan. fotonya bagus jadi mendukung tambah pengen makan :))

    ReplyDelete
  4. saya juga suka sayuran hijau seperti ini, tapi saya lebih sering makan sawi daripada bokcoy :)

    ReplyDelete