Friday, November 11, 2016

Resep Ekkado, Chicken Shrimp Roll, dan Tahu Isi Udang Ayam

Resep Ekkado, Chicken Shrimp Roll, dan Tahu Isi Udang Ayam

Masih pengen main-main dengan frozen food niiih. Biasanya sih main-main sama Nugget Ayam melulu dan beberapa waktu lalu sempat nyobain bikin Chicken Egg Roll. Sekarang mau nyobain buat menu lain yang bisa dijadikan stok lauk di freezer ah. Dari satu jenis resep ternyata bisa disulap jadi tiga jenis frozen food lho, yaitu Ekkado, Chicken Shrimp Roll, dan Tahu Isi Udang Ayam.


Sudah dari minggu lalu si sebenarnya mau membuat Ekkado dan teman-temannya ini. Tapi pas mampir ke supermarket kok ya nggak ada udang kupas. Pas belanja ke tukang sayur di perumahan belakang rumah saya, eh ternyata kalau beli udang bisa sekalian minta dikupas/dibersihkan sama asistennya si abang tukang sayur. Yoweslah, pesen udang yaa.



Selain udang bahan utama frozen food ini adalah daging ayam. Kalau yang ini sih biasanya di supermarket terdekat ada. Tapi yang versi giling ternyata kosong. Ya jadi harus beli fillet ayam dan nggiling sendiri deh. Untuk mengaluskan udang dan ayamnya saya menggunakan blender bumbu. Ayam dan udang yang sudah dicuci saya potong kecil-kecil lalu dihaluskan secara terpisah. Saat menghaluskan saya tidak menambahkan air melainkan es batu ukuran kecil (1 kotak cetakan es batu itu lho).


Bahan Isian:

1. 300 gram udang kupas, haluskan.
2. 300 gram fillet ayam, haluskan.
3. 1 buah wortel, diparut.
4. 2 butir telur.
5. 20 butir telur puyuh rebus (untuk Ekkado).
6. 2 sdt garam.
7. 1 sdt lada bubuk.
8. 1 sdt ketumbar bubuk.
9. 6 siung bawang putih, haluskan.
10. 1 sdt minyak wijen.
11. 2 sdt saus tiram.
12. 2 sdt gula pasir.
13. 5 sdt tapioka.
14. 5 sdt terigu.
15. 100 gram labu siam, kukus, dan haluskan.



Kulit:

1. Kembang tahu, potong ukuran 10x10 (jadi 24 lembar), rendam dalam air dingin (untuk Ekkado dan Chicken Shrimp Roll).
2. 3 buah tahu yang biasa digunakan untuk membuat bakso tahu atau tahu isi, belah diagonal.

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan isian kecuali telur puyuh rebus, aduk rata.
2. Ekkado: ambil selembar kembang tahu, beri 1 sdt adonan, beri sebutir telur puyuh rebus, tutup lagi dengan 1 sdt adonan, bungkus dengan kembang tahu dan ikat dengan benang kasur.
3. Chicken Shrimp Roll: ambil selembar kembang tahu, beri 2-3 sdt adonan, gulung kembang tahu dan tekuk kedua ujungnya. Lebih bagus lagi jika direkatkan dengan putih telur.
4. Tahu Isi Udang Ayam: beri 1-2 sdt adonan isi.

5. Siapkan 26 buah cetakan plastik bentuk mangkuk, olesi dengan minyak goreng. Tempatkan ekkado dan tahu isi dalam sebuah cetakan.
6. Untuk Chicken Shrimp Roll bisa dibungkus dengan alumunium foil atau letakkan dalam wadah tahan panas yang sudah diolesi minyak goreng.
7. Kukus ketiga jenis frozen food ini selama 20 menit.
8. Setelah agak dingin, lepaskan benang kasur yang digunakan untuk mengikat Ekkado.



Dari resep ini saya dapatkan 20 buah Ekkado, 4 buah Chicken Shrimp Roll, dan 6 buah Tahu Isi Udang Ayam. Untuk Chicken Shrimp Roll dan Tahu Isinya memang saya buat karena masih ada kelebihan adonan. Kalau mau dibua jadi Ekkado semua juga bisa. Sebelum disantap goreng dulu Ekkado dan Chicken Shrimp Rollnya. Untuk Tahu Isi, mau digoreng boleh, dikukus juga boleh. 

Nggak heran ya di salah satu gerai makanan di kota saya, sebuah Ekkado dijual seharga Rp 4.500 per buah. Itu lho yang Ekkado (dan frozen food lainnya) ditusuk dengan tusuk sate, direbus, dan dihidangkan dengan bumbu kacang. Karena memang membutuhkan ketelatenan untuk membungkus si Ekkado ini he he, tapi rasanya memang enak. Kalau mau yang lebih simpel ya Chicken Shrimp Roll, tinggal digulung-gulung saja. Nah sobat Dapur Imut mau membuat yang mana?

Dimodifikasi dari Resep Ekkado - JTT.

2 comments:

  1. wah boleh jg nih dicoba resepnya, bikin ngiler

    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  2. waaak ngiler, mau dong mbak dibikinin hehe. Btw, makasih resepnya, bisalah kapan-kapan dicoba dirumah :D

    ReplyDelete