Monday, November 7, 2016

Chicken Egg Roll

Chicken Egg Roll

Di Senin pagi kerasa deh enaknya kalau punya stok frozen food. Jadi nggak terlalu terasa buru-buru masaknya. Tinggal ambil stok dari kulkas trus digoreng deh. Selesai he he. Contoh frozen foodnya adalah Chicken Egg Roll yang saya buat Jumat lalu. Meski yang dibuat tidak banyak tapi lumayan untuk tambahan lauk untuk anak. Kloter terakhir sudah digoreng pagi ini untuk sarapan dan makan siang Rayyaan.


Bahan Isian:

1. 250 gram daging ayam giling.
2. 1/2 buah wortel, diparut (kebetulan wortel yang saya pakai gendut alias diameternya besar, kalau wortelnya ukuran kecil, pakai 1 buah wortel).
3. 2 buah putih telur.
4. 1 sdm tapioka.
5. 2 sdm terigu.
6. 1/2 sdt lada bubuk.
7. 3 siung bawang putih, dihaluskan.
8. 1/2 sdt kecap Inggris.
9. 1/2 sdt minyak wijen.
10. 1 sdt saus tiram.
11. 1/2 sdt garam halus.
12. 1/2 sdt gula pasir.
13. 25 gram keju cheddar parut.

Baca: Resep Jamur Masak Barbeque.


Bahan Kulit:

1. 1 butir telur utuh.
2. 2 kuning telur.
3.  5 sdm terigu.
4. 1 sdm maizena.
5. 1/4 sdt garam.
6. 150 ml air.
7. 1 sdm magarin cair.

Baca: Resep Japchae - Soun Goreng ala Korea.


Bahan Lem:

1. 1 sdm air.
2. 2 sdm terigu.


Cara Membuat:

1. Campur semua bahan isian, aduk rata, sisihkan.
2. Campur semua bahan kulit, aduk rata, buat dadar dengan wajan datar (wajan saya berkuran 18 cm, dihasilkan 7 lembar kulit).
3. Isi kulit dengan kurang lebih 3 sdm bahan isian, gulung, beri lem, bungkus dengan alumunium foil.
4. Kukus selama 20 menit, setelah dingin, iris-iris dengan ketebalan sesuai selera. Kalau untuk Rayyaan, Chicken Egg Rollnya saya iris dengan ketebalan kurang lebih 0,5-0,75 cm.
5. Goreng selama 2-3 menit dan Chicken Egg Roll siap disajikan.
6. Sisanya bisa disimpan di freezer (kalau ingin disimpan lebih lama) atau di bawah freezer (kalau ingin digoreng malam atau keesokan harinya).

Baca: Resep Pempek Dos isi Kates (Pepaya).


Sepintas bahanya kelihatan banyak sekali ya, tapi ternyata nggak ribet sama sekali lho membuat Chicken Egg Roll ini. Bisa jadi alternatif homemade frozen food selain Nugget Ayam. Kalau Mama Papanya mau ikutan nyicipin, bisa dicocol pakai saus sambal, saus tomat plus mayones, hmm enak. Jadi seperti Chicken Egg Roll ala menu restoran fast food Jepang. Cobain yuk!

4 comments:

  1. Wiii enaknyaaa keliatan lo dr fotonya. Gampang ya Mbak, aku bukmark resepnya yaa

    ReplyDelete
  2. Ternyata ga susah ya bikinnya. Kenapa selama ini saya berpikir bahwa bikin Egg Roll itu susah ya?
    Sukaaa banget sama blognya, sama foto-fotonya, saya follow deh ya =)

    ReplyDelete
  3. Duh, ngeliat fotonya aja udah ngiler gini. Jadi pengin praktekin, tapi kayaknya kalo gue yang bikin bakal gagal hahah. Nyuruh kakak perempuan gue aja deh wkwk

    ReplyDelete
  4. aaak menggiurkan. Makasih share resepnya mbak. Bisalah kapan-kapan dicoba :D

    ReplyDelete