Friday, December 30, 2016

Bibimbap Ala Dapur Imut

Bibimbap Ala Dapur Imut

Beberapa waktu lalu saya mencoba Bibimbap alias nasi campur Korea. Isinya adalah semangkuk nasi putih dengan aneka sayuran, daging, telur, dan pasta cabai Korea (gochujang). Yang hobi nonton drama Korea pasti tidak asing deh dengan makanan ini. Seringkali ada adegan di mana para pemeran dramanya menyantap bibimbap bersama-sama. Semua diaduk-aduk hingga tercampur lalu hap dimakan deh. 


Kalau melihat foto bibimbap yang ada di internet banyak yang memakai telur mata sapi bahkan ada yang kuningnya terlihat masih setengah matang. Bibimbap yang saya makan di tempat yang menjual makanan khas Korea isinya adalah nasi putih, selada, irisan wortel, tauge, irisan telur dadar, potongan daging ayam (seperti dimasak kecap) dan di atasnya diberi gochujang serta taburan wijen. Rasanya enak. Nah saya jadi ingin membuat Bibimbap ala Dapur Imut deh dengan bumbu-bumbu yang ada di rumah (karena tidak punya pasta cabai Korea he he).



Ingat kan sebelumnya saya pernah membagikan resep Ayam Krispi Pedas Asam Manis? Saya memadukan masakan ini dengan nasi putih serta irisan telur dadar dan beberapa sayuran untuk membuat Bibimbap ala Dapur Imut. Gochujang alias pasta cabai Korea yang saya makan ternyata rasanya tidak begitu pedas (dibanding saus sambal botolan sih jauh lebih pedas saus sambal). Rasanya ada asam-asamnya gitu deh he he. Makanya si Ayam Krispi Pedas Asam Manis ini saya jadikan salah satu bahan Bibimbap ala Dapur Imut.

Bahan:

1. Ayam Krispi Pedas Asam Manis.
2. Nasi putih.
3. Telur dadar, diiris.
4. 5 lembar sawi putih, diiris dan direbus selama 5 menit.

5. 1 buah wortel, iris korek api, rebus selama 5 menit.
6. Tauge, disedu sebentar.
7. Wijen sangrai untuk taburan.

Cara membuat:

1. Tata nasi hangat dalam sebuah mangkuk.
2. Tata sayuran (yang sudah direbus/disedu dan ditiriskan hingga tuntas airnya) serta irisan telur dadar di atas nasi.
3. Beri potongan Ayam Krispi Pedas Asam Manis.
4. Beri taburan wijen sangrai.
5. Sebelum disantap, aduk semua bahan menjadi satu.


Nah sebenarnya tidak begitu sulit ya membuat Bibimbap ala Dapur Imut ini dan karena membuat sendiri kita jadi bebas nambah lagi deh he he terutama si nambah sayuran rebusnya. Kalau sausnya dirasa kurang, kita bisa meracik sendiri saus tambahannya dari campuran masing-masing 1 sdt kecap manis, madu, saus tomat, saus sambal botolan, dan 2 sdt saus sambal Bangkok, beri sedikit air dan panaskan sebentar hingga sausnya mendidih. Jadi meski tidak punya gochujang, lumayan deh kita masih dapat sensasi rasa pedas dan asamnya. Cobain yuk!

2 comments:

  1. pernah liat di film korea makan bimbab ditambah minyak wijen, katanya enak, haha

    ReplyDelete
  2. Bibimbap salah satu makanan favorit saya nih mba :), disini terlihat sangat lezat seperti sajian di restoran :)

    ReplyDelete