Monday, January 8, 2018

Memilih Alas Kaki untuk Memasak di Dapur

Gambar: www.pixabay.com

Mams, siapa yang kalau masak masih sering mondar-mandir di dapur tanpa alas kaki? Saya juga ikut ngacung deh. Saya pikir kan ngapain gitu ya di dalam rumah pakai alas kaki. Kebetulan keluarga saya tipe yang kalau di dalam rumah ya nyeker aja he he, nggak pakai alas kaki apapun seperti sandal apalagi sepatu. Tapi justru gara-gara buku cerita anak yang saya baca, saya jadi kepikiran nih soal keamanan memasak di dapur. Salah satu poinnya adalah tentang penggunaan alas kaki.

Ternyata nih saat memasak kita dianjurkan menggunakan alas kaki yang nyaman, kokoh, anti selip, dan bisa melindungi kaki. Melindungi dari apa? Ya misalnya saja kalau ada benda yang tajam seperti pisau jatuh. Kalau kena kaki kan bahaya banget ya. 

Contoh lainnya adalah jika ada sesuatu yang panas seperti sup tumpah ke lantai, atau jika ada pecahan gelas atau piring yang jatuh. Intinya sih sebaiknya gunakan alas kaki dengan bagian depan tertutup. Ehm, iya sih ya. Pernah juga kaki saya hampir saja terkena pisau yang jatuh dari meja dapur. Duh, gimana kalau sampai tertusuk? 

Selain itu, menggunakan alas kaki yang tepat saat memasak ternyata nggak hanya untuk perlindungan dari benda tajam atau panas. Buat apalagi dong? Alas kaki yang baik bisa membantu kita mencegah sakit punggung dan kaki. 

Untuk yang suka berlama-lama di dapur ada baiknya mulai mempertimbangkan penggunaan alas kaki saat memasak. Apa saja ya yang harus diperhatikan saat memilih alas kaki yang pas untuk dipakai di dapur?


1. Model

Yang paling enak sih pakai sendal jepit ya he he. Tapi ingat, ternyata kalau memasak yang disarankan adalah memakai alas kaki yang bagian depannya tertutup. Sebenarnya kalau mau lebih aman, harusnya yang bagian depan dan belakangnya juga tertutup, ya seperti sepatu. Kita bisa memilih yang model slip-on yang lebih simpel, tinggal masukkan kaki ke sepatu dan selesai. 

Atau bisa juga menggunakan sepatu model sneakers yang bertali. Kesannya memang lebih ribet tapi kaki terasa lebih terlindungi. FYI sekarang banyak dijual tali sepatu berkualitas yang bisa memastikan sepatu kita nggak mudah terlepas saat kita banyak bergerak.

2. Bahan

Untuk alas kaki yang dipakai di dapur, kita bisa memilih bahan kulit, karet, atau bahan yang pada umumnya digunakan untuk sneakers. Secara umum kulit memang paling aman. Namun bahan karet juga punya keunggulan yaitu tahan lama. Sementara bahan sepatu sneakers umumnya lebih lembut dan nyaman dipakai. 

3. Anti Selip

Tau dong ya kadang lantai dapur bisa saja ada ceceran minyak atau tumpahan air. Meski sedikit tapi juga bisa membahayakan lho, apalagi kalau banyak (wah, kikuk banget ya yang masak he he). Karena itu sebaiknya alas kaki yang kita gunakan juga anti selip supaya kita nggak mudah terpeleset ceceran minyak atau tumpahan air yang ada di lantai dapur.

4. Nyaman 

Alas kaki yang enak dipakai berdiri dalam waktu lama dan melakukan aktivitas lainnya akan mengurangi resiko sakit punggung dan kaki. Karena itulah pilih alas kaki yang benar-benar terasa nyaman digunakan.

Menggunakan alas kaki saat memasak terutama di rumah mungkin bukan ide yang familier. Ya meningat kebanyakan keluarga di Indonesia seperti keluarga saya, kalau di dalam rumah tidak pernah menggunakan alas kaki. Namun demi keamanan ada baiknya kita mulai lebih memikirkan perlunya penggunaan alas kaki saat memasak di dapur.

No comments:

Post a Comment